Penerbit : Elex
Media Komputindo
Terbit : 2013
Jumlah Halaman : 344
Kategori : Manajemen
Kategori : Manajemen
Apple Google Microsoft dan Pertempuran Meraih Kekuasaan atas Internet.
Go Public
Pada tanggal 29 April
2004, Google mengajukan dokumen S-1
untuk penawaran saham perdana untuk
menghimpun dana hingga $2,7 miliar. Ini merupakan flotasi yang di paksakan pada
perusahaan : 29 April adalah hari ke-129 di tahun 2004,dan pasal 12 dari Securities Exchange Act 1934 (UU Bursa Saham) menatapkan bahwa perusahaan harus
mengajukan informasi keuangan dan lainnya dalam waktu 120 hari SEC, setelam
mencapai asset $10 juta atau 500 pemegang saham. Jadi mau tak mau mereka harus
memulai melakukan go Public, IPO akan menjadi cara cerdas untuk mengisi kas
perusahaan dengan uang tunai saat mereka muncul ke permukaan.
Google sudah mendapat
keuntungan sejak tahun 2011 dan dalam tiga bulan pertama pada tahun 2004
memiliki pendapatan bersih sebesar 64 juta
dari total pendapatanan sebesar $389 juta . kemudia setiap tahun nya
mengalami penambahan duakali lipat.
Pengajuan Dokumen S-1 dibuka
dengan letter from the Founder, ditulis oleh page dimulai dengan kalimat pembuka
“Google bukanlah perusahaan konvensional. Kami tidak bermaksud menjadi
perusahaan konvensional. Kami telah menekankan suasana kreativitas dan
tantangan, yang membantu kami akses bebas bias, akurat dan kebebasan informasi
bagi mereka yang mengandalkan kami di seluruh dunia. Struktur perusahaan Google
telah menciptakan struktur perusahaan yang melindungi kemampuan Google untuk
berinovasi. Kuncinya adalah melayani pengguna akhir, dalam hal inti dari apa
yang ingin di lakukan menjadi priotitas.
Kesamaan juga dimiliki oleh
Apple: Apple juga adalah perusahaan yang berfokus pada orang yang menggunakan
produk mereka, bukan pada perantara. Seperti adanya hal yang wajib, pada
documen S-1 wajib mencatumkan yang mirip seperti momerandum:
Semakin banyak pengguna
perangkat non-PC untuk mengakses internet yang kami kembangkan untuk perangkat
ini mungkin tidak banyak digunakan oleh pengguna perangkat lain jika kami
tidak dapat menarik dan mempertahankan sejumlah, besar pengguna perangkat
alternatif untuk layanan pencarian internet kami, atau jika kita lambat mengembangkan
teknologi yang lebih kompetibel dengan perangkat komunikasi non-PC, kita akan
gagal menangkap porsi yang signifikan dari bagian yang semakin penting pada
pasar layanan online.
Dengan membaca lampiran F
secara seksama, diketahui bahwa Apple memiliki server senilai $78 juta di
seluruh dunia pada awal 2003, yg tumbh menjadi $204 pada akhir tahun. Google
bagian dari lima produsen server terbesar di dunia.
Persaingan
Pada Juli 2004, sebulan
sebelum IPO Google, MSN meluncurkan desain halaman baru untuk pencarian, yang
bersih dari tautan dan iklan. Halamannya tampak agak mirip Google. Tapi halam
tersebut belum menggunkan mesin pencari baru.
Google sendiri tau bahwa
dengango public berarti mereka
akhirnya terbebas dari ancaman dibeli secara diam-diam oleh Microsoft, dan
bebas jyga dari windows atau lebih tepatnya, dari desktop. Google berada di
internet, dibagian browser perangkat
lunak yang menyebabkan jatuhnya Microsoft.
Perbedaan Budaya
Semakin banyaknya orang yang
pindah dari Microsoft ke Google, pada awal November 2004, Google membuka kantor
pengembangan di Seattle.
Bagi para pengungsi dari
Microsoft yang hampir semuanya berada di kantor Seatle dalam beberapa tahun
pertama geger karena budaya yang mereka alami sering terasa dramatis. Di Google para insinyur adalah
pihak yang benar-benar mengendalikan produk, dibandingka dengan Microsoft, di
Google sangat sedikit melakukan interaksi dengan para petinggi. Di Google pada
umumnya diminta untuk mengambil keputusan sendiri, dan hal tersebut adalah
bagian dari keputusan tim bukan keputusan individu. Untuk membuat keputusan
para insinyur duduk bersama untuk berdiskusi dan membuat keputusan sebagai tim.
Pada tahun 2005 Shimidt
menyatakan bahwa stuktur divisi yang ketat pada Microsoft tidaka akan berjalan
di Google. Google berbicara tentang kebebasan arus informasi didalam
perusahaan, ada database snippet dan
database proyek, yang sama-sama terbuka untuk semua. Keduanya sudah ada sejak
sebelum Scimidt bergabung.
Pandanganan salah satu mantan
karyawan Microsoft mengatakan, “Microsoft harus memainkan permainan Google jika
ingin bersaing dengan Google”. Namun Microsoft tidak bisa menciptakan budaya
Google di lingkup internal Microsoft.
Pada umum nya produk
Microsoft hanya Windows dan Office
dengan beberapa explorasi area lainnya. Tapi pada dasarnya mereka hanya punya
dua macam tersebut. Jadi mereka hanyalah bagian perangkat lunak Desktop.
Selain pernah bekerjasama
dengan pihak ketiga untuk menggarap
Visual studio untuk menulis program Windows, mereka juga punya banyak
kontrak, dengan produsen komputer dan pemerintah, sehingga kemampuan orang
untuk menganbil resiko jauh lebih rendah, mereka punya lebih banyak orang yang
bergeantung dari apa yang merka kirimkan. Jika mereka melakukan kesalahan
terhadapa Office dan Windows, mereka harus menarik kembali produknya, dan
mengembalikan bentuk halaman seperti sebelumnya. Sedangkan di Google yang
memiliki sedikit kontrak. Jika ada bug
dalam kode anda, dan hal tersebut mengacaukan produk itu bukan menjadi masalah
besar. Anda tinggal memutar kembali ke versi sebelumnya.
Microsoft Meluncurkan kembali Mesin Pencari
11 November 2004, Microsoft
meluncurkan mesin pencarian, yang katanya akan bisa menjawab pertanyaan langsung seperti apa Ibukota
Turky? Pada kenyataan nya hal
tersebut tidak berjalan mulus, situs ini langsung mengalami crash padahal baru saja diluncurkan.
Calon pengguna hanya menumakan halaman. Microsoft
telah menghabiskan $100 juta untuk MSN Search dan berkoar soal peluncuran uji
ini melalui humas, guna memastikan, bahwa pengguna seluruh dunia tau bahwa
layanan mereka sudah siap untuk digunakan secara luas. Jadi ketika MSN Search
mengalami down, sebagai sebagian
kredibilita Microsoft, di bisnis, mesin pencari ikut turun.
Microsoft bukanlah tempat yang
sejuk untuk bekerja, dan Google mulai mengerahkan gaya gravitasinya pada dunia
perangkat lunak. Pada Maret 2005, ketika Microsoft akhirnya meluncurkan bisnis iklan terkait,
pencarian lima tahunsetelah Google dan Goto.com, tujuh tahun setelah membeli
keywords sudah lebih dari 100 staf meninggalkan Microsoft, termasuk kepala
arsitek perangkat lunak Windows, Untuk bekerja di Google.
Semetara itu Google dan Yahoo
terus melakukan ekspansi menawarkan pencarian area local, peta foto stelit,
pebcarian dalam video bahkan pencarian pada
ponsel, area yang sebelumnya sudah di perkirakan Microsoft akan meraka dominasi
sendiri. Gates pasti menyesal karna tidak mendahului yang laintapi dia melihat
Google sebagai ancaman yang lebih besar, ancaman bagi keberadaan perusahaannya.
Fortune pada awal 2005
mengatakan yang membuat Google menarik bukan karena pencarian di internet,
tetapi karena mereka akan mencoba untuk mengambil dan menggunakannya untuk
masuk ke bakian lain dari perangkat lunak.
Pada bulan November 2005,
Gates dan kepala arsitek perangkat lunak pengganti yang baru dipekerjakan, Ray
Ozzie telah mengirimkan memo keseluruh
staf perusahaan untuk menambahkan internet dan memo keamanan yang sebelumnya di
keluarkan pada tahun 1995 dan 2002. Mereka menulis tentang ancaman di masa
depan, selain mengingatkan dalam berbagai kesempatan. Sebuah model bisnis baru telah
muncul dalm bentuk layanan dan perangkat lunak yang didukung iklan, demikian
bunyi memo itu, kemudian di tambahkan “Kita tahu pencarian akan sangat lebih
penting, namun melalui focus Google mendapatkan tempat yang sangat kuat.
Panggilan iklan dianggap sebagai panggilan untuk menyiapkan senjata melawan
bisnis berbasis iklan oleh Google.
Pada bulan September 2006, MSN
Search tampil dengan merek baru Windows Live Search, meskipun tidak ada
hubungan dengan devisi Windows, dan sudah tentu tudak berada di dalmnya, anda
tidak perlu menjadi pengguna windows untuk menggunakannya. Tidak ada orang di luar
Microsoft yang memiliki gagasan tentang apa yang hendak di tujukkan oleh Windos
Live, Maka inama MSN tetap dijaga. Yang Google lupakan adalah bagai
mana membawa diri ke tingkat diferensi
berikutnya,. Dengan demikian, ia memaksudkan penyajian hasil pencarian
dasar Ask Jeeves telah memberikan ide pratinjau kecil dari halaman yang telah
kita lihat. Kemudian Google juga melakukannya. Sejauh ini Microsoft juga
masih tertinggal sebenarnya pagsa pasar pencarian meraka malah jauh berkurang,
dibandingkan dengan tahun 2003.
Pada bula Mei 2009, tanpa
membuat kemajuan sama sekali Windows Live berubah menjadi Bing. Bing adalah
singkatan dari But It’s Not Google Tim Underdog menarik nafas lega, hasil kerja
mereka telah keluar dari bayingan Windows dan terlahir kembali dengan nama dan
gairah yang terfokus pada konsumen. Tanpa Integrasi Office itu jauh lebih baik.
Teman
Prioritas persaingan Google
berarti bahwa, ketika tahun 2007 Facebook mulai muncul, sebagai ancaman yang
serius bagi Google, Microsoft tidak segan segan untuk melancarkan bujuk
rayunya. Facebook berbeda hampir setiap situs yang mendahuluinya. Pertama
Facebook dijalankan oleh Mark Zuckerberg. Sebuah obsesif yang menunjukan
minatnya melalui-perbaikan-perbaikan yang cerdik.
Bagi web crawler, file bernama
“robots.txt” adalah lawan online yang sepadan. File ini yang
mengatur spinder mana yang boleh di
masuki dan yang tidak bisa dimasuki. Googlebot adalah tamu VIP yang terbiasa
berjalan kemuka antrean kemana-mana, Facebook meletakkannya di mukanya.
Hal ini membuat Google
frustasi karna ada seluruh konten yang tidak bisa di pangi iklan. Itu semacam
data pribadi, yang telah mendorong kesadaran publik. Kehati-hatian Zuckerberg
membuat iya menjual 1,6 persen dari kepemilikannya ke Microsoft. Ini adalah kemenangan terbatas
bagi Mcrosoft, Mesin pencarian Bing tidak laris di amerika dan dunia,
permasalahannya tidak ada seorangpun memiliki alasan untuk meninggalkan Google.
Kondisi ini lebih baik dari kondisi Apple yang terkunci kedalam potongan kecil
pasar PC karena Windows cukup baik untuk sebagian besar pengguna, namun Bing
hanya memiliki potongan kecil dari pasar pencarian. Masalahnya yang mampu
membuat Bing mampu bertahan hanya ukuran bisnis Microsoft itu sendiri.
Tawaran
Microsoft untuk Yahoo
Pada 2008 Microsoft menawarkan
62 persen premi harga saham, untuk memperkuat pencarian, sehingga Bing mampu
menghasilkan uang. Namun Yahoo menolak penawaran tersebut. Karna perhitungan
internal Yahoo pada saat itu akan bertumbuh pesat bernilai jauh lebih besar
dari $45 milyar, namun perhitungan tersebut salah. Disaat Carol Bartz, veteran
Silico Valley memegang kendali penuh pada 2009, dia menerima tawaran sederhana
dari Microsoft: untuk memperkuat pencarian Yahoo dan membantu memasang iklan.
Tapi keadaan malah lebih buruk sebab
Facebook meraup pendapatan iklan besar sedangkan Bartz malah memangkas biaya.
Dewan Yahoo pun memecatnya pada September 2011.
Identitas
Google
Google telah bekerja keras
untuk menciptakan identitas ekternalnya. Mulai dari penggunaan font, yang harus
digunakan di document resmi, bagai mana mempresentasikan perusahaan kepada
pengguna dan kata-kata yang sebaiknya digunakan. Hasil pengamatan jurnalis Nick
Carr, Google berkembang saat internet juga berkembang.
Terlepas dari ekspansi ,
identitas internalnya tetap konsisten, dimana Google memberi ruang yang kepada
teknik tekayasa dan empirisme juga menyatu dengan pragmatisme. Bagi Google,
internet adalah ekosistem, bentuk prangkat lunak sempurna.
Bayangan
Antimonopoli
Shivaun Raff mengeluh bahwa
situs meteka telah berulang kali diturunkan oleh Google, yang memberikan situs
mereka sendiri Maps, Urutan pertama pada halaman pertama.
Komisi Eropa pun mulai
menyelediki untuk antimonoli di awal tahun 2011. Microsoft secara resmi ikut terlibat meskipun
di internal Google ada kasak-kusuk bahwa Microsoft telah membantu Raff selama
berbulan-bulan. Tujuan penyelidikan untuk memastikan apakah Google mengontrol
terlalu banyak iklan dan ruang pencarian, serta apakah mereka juga
menyalahgunakannya, tidak selesai pada pertengahan 2011. Google mengakui hal tersebut,
harus berhenti melakukan diskriminasi terhadap situs yang dioptimalkan secara
sempurna untuk muncul di halam pertama.
Keriuhan tentang penyelidikan
anti monopolipun tidak mengehentika Google untuk memodrenisasikan mesin
pencarinya yang akan menghasilakan daftara hasilpencarian ketika anda mengetik
huruf pertama.
Pangsa gabungan dari
platform Bing dan Yahoo saat ini
mendekati 30 persen dari pasar AS. Itu berarti Bing memiliki skala yang
signifikan. Namun tetapsaja kondisi keuangan nya terpuruk. Pada pangsa pasar
mungkin saja, namun bagai mana dengan ponsel, April 2011 Nokia sendirian
menjadi produsen ponsel terbesar di
Dunia, Nokia pada saat itu sepakat untuk menggunakan Microsoft Windows Phone,
system operasi untuk ponsel pintar kelas atas, terhitung tahun 2012, Bing
menjadi mesin pencari defult untuk ponsel tersebut.
Music
Digital Apple
versus Microsoft Permulaan
iTunes
Penjualan Apple menurun
sepertiga dibandingkan tahun sebelumnya,. Penyebabnya mereka tidak memiliki drive pembakar CD atau CD Burning dalam
sistemnya. Pada Saat itu pula Jobs
mengatakan akan hadir perangkat keras baru yang akan menegaskan kepemimpinan
Apple dalam kategori produk utama. Namun hasil retropeksi
tersebut bukan iPod yang di maksud melainkan, Job sedang membicarakan perubahan
produk lama dengan penambahan pembakar CD. Namun gagasan itu tidak berhasil,
sehinnga mendorong senior Apple untuk melirik ke musik, hingga pada Januari
2001, Job menggunakan strategi di mana Mac akan menjadi Hub Digital. Yang akan
digunakan sebagi pusat pengguna konten. Dimana di dalamnya sebagai penyimpan music dan video digital.
Akhirnya muncullah iTuns sebagai, Produk Soundjam dengan pengembangan yang
signifikan.
Gizmo Tokyo
Pada Februari 2001 Pameran Macworld
beranjak ke Tokyo. Apple menandatangani kontrak dengan Toshiba, dengan
memberinya akses eksklusif ke hard drive kecil tersebut
untuk waktu yang terbatas. Klasulnya sedikit menginspirasi, bahwa iPod buka hal
yang kapasitas, atau dimensi fisiknya.
Desain iPod
Proses desain iPod yang kolaboratif
dilihat dari adanya croll wheel yang hanya membutuhkan memutar
ibujari dalam mencari musik yang anda inginkan, kemu dian desain yang tidak
bercelah sama sekali menjadikan iPod menjadi benda yang tera lembut ketika di
genggam.
Memasarkan Produk Baru
Pada 23 Oktober 2001 iPod siap diperkenalkan pada
jurnalis. Stve Job menjelaskan dari target Foto, Film, DVD, dan Music, mereka
memilih Music untuk produk yang doberi nama iPod, yang mana saat ini belum ada
pasar music yang menjadi pemimpin, termasuk juga Sony yang belum menemukan
resepnya, namu Apple telah dapat menemukannya.
Garis besar dari review buku
ini cukup membuat kita yang membaca seberapa penting suatu kompetisi dan
persaingan itu, apabila dilakukan dengan baik maka banyak manfaat yang akan dihasilkannya.
Posting Komentar