Jika Sebelum kemunculan bukti otentik berupa foto Bumi dari luar angkasa keluar, percayakah kamu bahwa bentuk Bumi itu bulat?

Kejadian tidak percayanya masyarakat akan fakta Bumi itu bulat telah terjadi pada zaman Galileo. Ketika Galileo mengutarakan pendapat tentang Bumi itu bulat, pihak gereja pada saat itu mengecam dan memenjarakannya. Yang membuat pihak gereja tidak percaya adalah, terlanjurnya pihak gereja mempercayai teori yang menjelaskan bahwa Bumi itu datar, dan pada saat itu Galileo tidak mempunyai bukti berupa foto atau gambar sehingga sikap arogan pihak kereja sebagai pihak pemerintahan pada saat itu telah memasung mereka ke dalam pemahaman saklek tentang bentuk Bumi yang datar.

Namun semua berubah sejak Apolo 8 pada tanggal 24 Desember 1968 yang disebut earthrise yang artinya Bumi muncul. Dari Gambar tersebut dapat dilihat Bumi berwarna kebiruan dan berbentuk bulat. Walaupun demikian masih ada juga yang membantah hasil dari foto-foto yang ditunjukan NASA. Terlepas dari adanya bantahan tersebut, hampirdari seluruh Dunia percaya bahwa bentuk Bumi itu bulat.

Untuk membuat kita lebih percaya bahwa bentuk Bumi itu bulat mari kita simak 11 hal berikut ini.

1. Al-Quran Menjelaskan Zona Waktu Yang Berbeda

Selain saat kamu menelepon sahabatmu di Inggris pada siang hari, di sana pasti sedang mengalami malam hari. Nah, hal itulah yang memperkuat bukti bahwa bumi berbentuk bulat.

Al-Quran sudah menjelaskan melalui surat Al Imran ayat 27 yang artinya: “Engkau memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam.


2. Gerhana Bulan
Saat kita pernah melihat langsung terjadinya gerhana bulan, saat itu kita dapat melihat bayangan Bumi yang melengkung pada Bulan.

wikimedia.org

3. Ketinggian Matahari
Adanya lengkungan bumi yang menyerupai bentuk bola juga akan tampak saat kita mencoba menjauh dari gari equator, pada saat itu Matahari akan tampak lebih rendah.


4. Kaki Langit
Saat kamu berada di danau tepat di kaki langit, seperti di Danau Michigan, Amerika kamu dapat mebuktikan bahwa Bumi tidak lah datar.

Saat berada disana kamu akan melihat gedung pencakar langit di kota Chicago tampak bagian atasnya saja. Dengan kasus ini fakta bahwa bumi itu tidaklah datar, sebab jika benar bahwa bumi itu datar, maka yang dapat dilihat menjadi seluruh bagian gedung.

aryaperdhana.wordpress.com

5. Segetiga Yang Mustahil Pada Permukaan Datar
Dengan Berjalan lurus sejauh 100 kilo meter dan kemudian belok sebesar 90 derajat ke kanan dengan lanjut berjalan dengan jarak yang sama dan mengulangnya kembali, hal ini akan membawa kembali dimana dimulainya berjalan tadi, hal tersebut tidak akan terjadi apabila dilakukan pada permukaan yang datar.

anothersideoflives.blogspot.com

6. Pelayaran Ferdinand Magellan Mengelilingi Bumi
Dengan adanya Ferdinan Magellan yang melakukan pelayaran dari barat dan kembali lagi ke titik ia memulai pelayarannya salah satu sebagai bukti bahwa Bumi itu Bulat.

history.com


7. Pelanet Lainnya Juga Bulat
Semua yang dinyatakan sebuah planet di tatasurya masing masing berbentuk bulat, hal ini menjadi wjud yang mencerminkan Bumi juga bulat sebagai salah satu platnet di tata Surya.

klikgeografi.blogspot.id

8. Pergeseran Bintang Di Langit
Rasi bintang orion akan terbalik di langit belahan bumi selatan, hal ini membantumu mengetahui bahwa Bumi itu bulat, dimana Bintang akan Bergeser  dari tempatnya jika kita bergerak ke selatan atau ke utara.


9. Bukti Foto

"The Blue Marble" Foto yang dipotret Apollo 17 pada 7 Desember 1972, menjadi salah satu bukti Bumi itu Bulat.

engineeration.wordpress.com

10. Melakukan Perjalanan Sendiri Mengelilingi Dunia
Kamu dapat membuktikan sendiri bahwa Bumi itu bulat dengan melakukan perjalanan kebarat, Udah biar kamu mirip Sunggokong si Kera Sakti.


Itulah beberapa alasan membuat kamu mengetahui bahwa Bumi itu bulat.

Posting Komentar

 
Top