Oleh Krisna Savindo

Jadi Mahasiswa Baru itu berjuta rasanya, seneng punya lingkungan baru, punya teman menyusul sahabat baru, dan banyak sesuatu yang belum kamu temukan dalam hidupmu selama ini, mungkin saja akan ada pacar baru. Eits jangan terlena, jangan biarkan kuliah mu mengalir begitu saja.

Sebagai orang baru yang menyandang status mahasiswa dan bukan lagi sebagai siswa, banyak hal yang harus kamu persiapkan antara lain.







SIKAP + PRILAKU


Sebagai mahasiswa kamu harus sadar bahwa mahasiswa memiliki tanggung jawab besar, sebagai orang yang dapat dipercaya oleh masyarakat luas. Kamu itu adalah perwakilan masyarakat dari kelompok pemuda yang punya kesempatan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan dari pemerintah. Maka tentunya kamu harus punya sikap yang lebih unggul dari masyarakat yang tidak punya kesempatan untuk dapat mengecap pendidikan tinggi. Kamu sebagai mahasiswa harus dapat menjadi panutan, juga bisa menjadi tempat bertanya, mencerahkan orang banyak, sebab kamu adalah agen perubahan dan agen pengontrol sosial. kelak setelah belajar banyak saat kuliah kamu yang paling mengerti apakah negara sudah menjalankan perannya atau malah membohongi rakyat. Jadi kamu harus jadi orang yang smart dari sikap dan prilaku.

RENCANA STUDI

Rencanakan studi mu selama kuliah, berapa tahun lamanya kamu ingin menyelesaikan kuliah. hal tersebut dapat kamu mulai dengan memilih matakuliah setiap semesternya, yang perlu kamu ingat setiap semester beban SKS yang diizinkan untuk kamu tanggung maksimalnya sebanyak 24 SKS, kamu dapat menyesuaikan dengan kemampuanmu dan kondisi kamu nantinya selama kuliah, jika sulit untuk menanggung beban banyak matakuliah sebaiknya jangan memaksakan, sebab akan berakibat kepada Ideks Prestasi sementara kamu karena bisa saja kamu keteteran saat memenuhi banyak tugas untuk setiap matakuliah. Tapi kamu harus juga mencari tau ketentuan dan aturan di fakultas mu, akan ada ketentuan wajib lulus minimal SKS dalam setiap semester, kamu harus mempertimbangkan hal tersebut untuk terhindar dari evaluasi D.O. Apabila berencana untuk menjadi mahasiswa aktif mulailah pada tahun kedua saat kamu kuliah, sebab tahun pertama menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan Nilai-Nilai terbaik, hal ini disebabkan dosen-dosen yang akan kamu hadapi terolong pemurah memberikan Nilai.

GUDANG KECIL KHUSUS

Gudang kecil ini bisa kamu buat sederhana saja, dengan menyedikan box penyimpanan berkas-berkas yang berhubungan denga kuliahan, akan banyak gunanya dan akan mengantisipasi kamu kehilangan atau tercecer. berkas berkas selama kamu kuliah akan banyak macamnya, mulai dari slip pembayaran uang kuliah, kartu rencana studi (KRS), kartu hasil studi (KHS). Selama kuliah nanti akan banyak macam kertas-kertas potocopy yang akan kamu temukan mulai dari diktat-diktat dari dosen, tugas-tugas individu atau kelompok sendiri atau teman. Selama kuliah kamu juga akan banyak mengikuti aktifitas tentunya kamu akan mendapatkan banyak tanda telah banyak mengikuti setiap kegiatan serifikat, buku saku, dari setiap aktifitas dan dokumentasi akan menjadi harta kamu yang begitu berhaga, maka kamu harus bisa menjaganya dengan baik.

TEMAN SEPERJUANGAN

Hampir sama dengan sahabat, bedanya teman seperjuangan akan lebih bermanfaat bagi kamu nantinya untuk melakukan segala sesuatunya untuk mewujudkan ide-ide besar. Bersama teman seperjuangan kamu akan lebih profesional dalam sebab teman seperjuangan tidak akan terus bersama dan tidak akan memusuhimu meskipun terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan nantinya. teman seperjuangan akan membantumu dalam kesulitan apapun, meski dia tidak sedang berada dalam kondisi atau fase dengan mu, misalnya dia sudah lebih dulu tamat, dia akan berusaha membantu kamu untuk mendapatkan gelar.

BERSAHAJA
Belajarlah untuk menjadi teman siapa saja, jangan hanya berteman kepada beberapa orang, hindari pertemanan yang berkelompok kelompok, hal ini akan menjadikan kamu orang kecil, karna banyak pelajaran yang dapat diambil dari setiap orang, bertemanlah dengan banyak orang, berteman dengan mahasiswa grup atau jurusan lain akan lebih banyak manfaat yang kamu terima, berteman dengan senior bukan menjadi sesuatu yang harus kamu hindari, kamu akan banyak mendapatkan informasi dari senior, berjalannya waktu kamu kelak akan menjadi senior juga, maka jangan enggan untuk dekat dengan banyak junior bisa jadi investasi untuk masa depan.

KELUARGA BARU PLUS-PLUS
Di kampus kamu akan menemukan banyak macam organisasi mulai dari berjenis Internal kampus, Eksternal kampus, sampai pada yang berjenis Unit Kegiatan Mahasiswa. Dalam organisasi tersebut kamu akan menemukan hal baru lagi tentunya, salah satunya kamu akan menemukan keluarga baru, karena dalam organisasi kita akan sering bersama, ketika sudah sering bersama, maka pertemanan akan menjadi lebih dari persaudaraan, bersama saudara di organisasi akan menjadi tempat mengadukan segala kesulitan selama perkulihan, pastinya kaduan kamu akan terbalas dengan bantuan banyak saudara diorganisasi. Organisasi Internal Kampus akan sangat gampang kamu temukan, karena setiap jurusan memiliki organisasi untuk mahasiswanya belajar, ada berupa Ikatan jurusan ada pula yang Himpunan jurusan, kamu tinggal pilih mau aktif sebagai anggota saja atau ikut menjadi pengurus seperti di OSIS dulu, karna organisasi eksternal menjadi sesuatu yang sayang jika kamu ridak lirik, Organisasi eksternal ini tidak berada dalam ikatan dan kontrol kampus maka di organisasi ekternal kamu akan lebih bebas berekspresi, boleh saja untuk menikuti organisasi internal dan eksternal, kamu sendiri yang bisa menjawab mampu atau tidak untuk menjadi pengurus atau steak holder pada keduany, sebaiknya pilih sala satu yang akan menjadi tempat kamu berekspresi sebagai pengurus di organisasi tersebut. Organisasi ekternal lebih membuka peliang kamu bebas berekspresi dikarenakan organisasi ekternal kampus lebih memiliki ruang lingkup yang luas, selain kamu bisa berkenalan dengan mahasiswa selain kampus kamu dan daerah lain, kamu juga akan lebih berpengatuan luas dan lebih berkarakter dengan semangat semangat ideologi akan kamu terima melalui organisasi ekternal kampus, banyak macamnya diantaranya ada Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Pergerakan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), pastinya dari sekiana banyak organisasi ekternal yang skala Nasional ada juga organisasi ekternal seperti organisasi kedaerahan, organisasi primodial biasanya dikatakan. Ada yang hampir kelupaan untuk mengasah bakat mu kamu juga bisa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa, seperti MAPALA, Teater, Musik, Photo Grafi, Bela Diri, Tari, Olah Raga, dan banyak lagi lainnya yang bisa kamu temukan di kampus. Yang perlu di ingat di organisasi kamu dapat melatih Soft Skill kamu yang tidak dapat kamu dapati jika bergantung dengan nilai-nilai terbaikmu, karena Soft Skill sangat dapat diandalkan saat kamu menghadapi dunia profesi nanti.

NETWORKING

Saat menjadi mahasiswa dan banyak yang bisa kamu lakukan selama kamu menjadi mahasiswa sangat disayangkan bila kamu melewatkan kesempatan untuk berinvestasi. Menbangun networking atau membangun jaringang menjadi sesuatu hal yang tidak boleh kamu lewatkan, selama masakuliah, aktif di organisasi kamu harus sadar dan terus dalam mode menbangun jaringan, karna bagai mana pun profesi dan pekerjaan kamu nanti kamu dapat memanfaatkan jaringan yang sudah kamu bangun semasa kuliah, apa bila kamu mampu membangun jaringan yang luas, yakinlah kamu tidak akan canggung untuk menghadapi dunia yang lebih besar dari masa kuliah kamu yang sudah cukup berat kamu jalani nanti.

BUKU PRIBADI

Buku akan mejadi teman kamu sepanjang perkuliahan, teman yang bisa kamu bawa kemana saja bahkan bisa kamu bawa tidur. Buku adalah jendela dunia dengan membaca buku akan membuat kamu tau banyak hal, maka membaca buku adalaah Investasi yang tak ternilai harganya. Biasanya saat jadi mahasiswa akan banyak buku-buku yang diperlukan, minimal setiap matakuliah akan ada satu buku pegangan selama matakuliah tersebut, bayangkan brapa banyak buku yang harus kamu miliki  selama kuliah nantinya. banyak cara untuk mendapatkan buku kamu bisa pinjam kepada senior dan juga bisa pinjam keperpustakan. Untuk kamu yang meminjam sebaiknya kamu sisihkan uang untuk mengkopinya dalam bentuk buku kembali, sebab untuk kamu mahasiswa buku dan membacanya sangat berguna buat kamu apabila nanti tiba masa-masa skripsi kamu tinggal hanya membongkar lemari penyimpanan buku kamu, jadi tidak harus repot-repot cari sana sini. Sisikan juga jajan untuk membeli buku bacaan yang kamu suka, apa saja jenisnya, silahkan beli buku yang berhubungan dengan kuliah mu kalau kamu senang untuk membacanya, hitung-hitung dapat membuat kamu lebih update dari teman-teman yang lain, berlangganan Koran dapat juga untuk memperkaya wawasan kamu. Jadi kalo kamu punya buku pribadi kamu sudah bisa punya perpustakaan kecil di kamar kamu sendiri.

Posting Komentar

 
Top