Judul                       : Digital Wars
Penulis                    : Charles Arthur
Penerbit                  : Elex Media Komputindo
Terbit                      : 2013
Jumlah Halaman     : 344
Kategori                  Manajemen


Apple Google Microsoft dan Pertempuran Meraih Kekuasaan atas Internet.

Go Public
Pada tanggal 29 April 2004,  Google mengajukan dokumen S-1 untuk penawaran  saham perdana untuk menghimpun dana hingga $2,7 miliar. Ini merupakan flotasi yang di paksakan pada perusahaan : 29 April adalah hari ke-129 di tahun 2004,dan pasal 12 dari Securities Exchange Act 1934 (UU Bursa Saham) menatapkan bahwa perusahaan harus mengajukan informasi keuangan dan lainnya dalam waktu 120 hari SEC, setelam mencapai asset $10 juta atau 500 pemegang saham. Jadi mau tak mau mereka harus memulai melakukan go Public, IPO akan menjadi cara cerdas untuk mengisi kas perusahaan dengan uang tunai saat mereka muncul ke permukaan.

Google sudah mendapat keuntungan sejak tahun 2011 dan dalam tiga bulan pertama pada tahun 2004 memiliki pendapatan bersih sebesar 64 juta  dari total pendapatanan sebesar $389 juta . kemudia setiap tahun nya mengalami penambahan duakali lipat.

Pengajuan Dokumen S-1 dibuka dengan letter from the Founder, ditulis oleh page dimulai dengan kalimat pembuka “Google bukanlah perusahaan konvensional. Kami tidak bermaksud menjadi perusahaan konvensional. Kami telah menekankan suasana kreativitas dan tantangan, yang membantu kami akses bebas bias, akurat dan kebebasan informasi bagi mereka yang mengandalkan kami di seluruh dunia. Struktur perusahaan Google telah menciptakan struktur perusahaan yang melindungi kemampuan Google untuk berinovasi. Kuncinya adalah melayani pengguna akhir, dalam hal inti dari apa yang ingin di lakukan menjadi priotitas.

Kesamaan juga dimiliki oleh Apple: Apple juga adalah perusahaan yang berfokus pada orang yang menggunakan produk mereka, bukan pada perantara. Seperti adanya hal yang wajib, pada documen S-1 wajib mencatumkan yang mirip seperti momerandum:
Semakin banyak pengguna perangkat non-PC untuk mengakses internet yang kami kembangkan untuk perangkat ini mungkin tidak banyak digunakan oleh pengguna perangkat lain jika kami tidak dapat menarik dan mempertahankan sejumlah, besar pengguna perangkat alternatif untuk layanan pencarian internet kami, atau jika kita lambat mengembangkan teknologi yang lebih kompetibel dengan perangkat komunikasi non-PC, kita akan gagal menangkap porsi yang signifikan dari bagian yang semakin penting pada pasar layanan online.

Dengan membaca lampiran F secara seksama, diketahui bahwa Apple memiliki server senilai $78 juta di seluruh dunia pada awal 2003, yg tumbh menjadi $204 pada akhir tahun. Google bagian dari lima produsen server terbesar di dunia.

Persaingan
Pada Juli 2004, sebulan sebelum IPO Google, MSN meluncurkan desain halaman baru untuk pencarian, yang bersih dari tautan dan iklan. Halamannya tampak agak mirip Google. Tapi halam tersebut belum menggunkan mesin pencari baru.
Google sendiri tau bahwa dengango public berarti mereka akhirnya terbebas dari ancaman dibeli secara diam-diam oleh Microsoft, dan bebas jyga dari windows atau lebih tepatnya, dari desktop. Google berada di internet, dibagian browser perangkat lunak yang menyebabkan jatuhnya Microsoft.

Perbedaan Budaya
Semakin banyaknya orang yang pindah dari Microsoft ke Google, pada awal November 2004, Google membuka kantor pengembangan di Seattle.
Bagi para pengungsi dari Microsoft yang hampir semuanya berada di kantor Seatle dalam beberapa tahun pertama geger karena budaya yang mereka alami sering terasa dramatis. Di Google para insinyur adalah pihak yang benar-benar mengendalikan produk, dibandingka dengan Microsoft, di Google sangat sedikit melakukan interaksi dengan para petinggi. Di Google pada umumnya diminta untuk mengambil keputusan sendiri, dan hal tersebut adalah bagian dari keputusan tim bukan keputusan individu. Untuk membuat keputusan para insinyur duduk bersama untuk berdiskusi dan membuat keputusan sebagai tim.

Pada tahun 2005 Shimidt menyatakan bahwa stuktur divisi yang ketat pada Microsoft tidaka akan berjalan di Google. Google berbicara tentang kebebasan arus informasi didalam perusahaan, ada database snippet dan database proyek, yang sama-sama terbuka untuk semua. Keduanya sudah ada sejak sebelum Scimidt bergabung.

Pandanganan salah satu mantan karyawan Microsoft mengatakan, “Microsoft harus memainkan permainan Google jika ingin bersaing dengan Google”. Namun Microsoft tidak bisa menciptakan budaya Google di lingkup internal Microsoft.

Pada umum nya produk Microsoft  hanya Windows dan Office dengan beberapa explorasi area lainnya. Tapi pada dasarnya mereka hanya punya dua macam tersebut. Jadi mereka hanyalah bagian perangkat lunak Desktop.

Selain pernah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menggarap  Visual studio untuk menulis program Windows, mereka juga punya banyak kontrak, dengan produsen komputer dan pemerintah, sehingga kemampuan orang untuk menganbil resiko jauh lebih rendah, mereka punya lebih banyak orang yang bergeantung dari apa yang merka kirimkan. Jika mereka melakukan kesalahan terhadapa Office dan Windows, mereka harus menarik kembali produknya, dan mengembalikan bentuk halaman seperti sebelumnya. Sedangkan di Google yang memiliki sedikit kontrak. Jika ada bug dalam kode anda, dan hal tersebut mengacaukan produk itu bukan menjadi masalah besar. Anda tinggal memutar kembali ke versi sebelumnya.

Microsoft Meluncurkan kembali Mesin Pencari
11 November 2004, Microsoft meluncurkan mesin pencarian, yang katanya akan bisa menjawab pertanyaan langsung seperti apa Ibukota Turky? Pada kenyataan nya hal tersebut tidak berjalan mulus, situs ini langsung mengalami crash padahal baru saja diluncurkan. Calon pengguna hanya menumakan halaman.  Microsoft telah menghabiskan $100 juta untuk MSN Search dan berkoar soal peluncuran uji ini melalui humas, guna memastikan, bahwa pengguna seluruh dunia tau bahwa layanan mereka sudah siap untuk digunakan secara luas. Jadi ketika MSN Search mengalami down, sebagai sebagian kredibilita Microsoft, di bisnis, mesin pencari ikut turun.

Microsoft bukanlah tempat yang sejuk untuk bekerja, dan Google mulai mengerahkan gaya gravitasinya pada dunia perangkat lunak. Pada Maret 2005, ketika Microsoft  akhirnya meluncurkan bisnis iklan terkait, pencarian lima tahunsetelah Google dan Goto.com, tujuh tahun setelah membeli keywords sudah lebih dari 100 staf meninggalkan Microsoft, termasuk kepala arsitek perangkat lunak Windows, Untuk bekerja di Google.

Semetara itu Google dan Yahoo terus melakukan ekspansi menawarkan pencarian area local, peta foto stelit, pebcarian dalam video bahkan  pencarian pada ponsel, area yang sebelumnya sudah di perkirakan Microsoft akan meraka dominasi sendiri. Gates pasti menyesal karna tidak mendahului yang laintapi dia melihat Google sebagai ancaman yang lebih besar, ancaman bagi keberadaan perusahaannya.

Fortune pada awal 2005 mengatakan yang membuat Google menarik bukan karena pencarian di internet, tetapi karena mereka akan mencoba untuk mengambil dan menggunakannya untuk masuk ke bakian lain dari perangkat lunak.

Pada bulan November 2005, Gates dan kepala arsitek perangkat lunak pengganti yang baru dipekerjakan, Ray Ozzie telah mengirimkan  memo keseluruh staf perusahaan untuk menambahkan internet dan memo keamanan yang sebelumnya di keluarkan pada tahun 1995 dan 2002. Mereka menulis tentang ancaman di masa depan, selain mengingatkan dalam berbagai kesempatan. Sebuah model bisnis baru telah muncul dalm bentuk layanan dan perangkat lunak yang didukung iklan, demikian bunyi memo itu, kemudian di tambahkan “Kita tahu pencarian akan sangat lebih penting, namun melalui focus Google mendapatkan tempat yang sangat kuat. Panggilan iklan dianggap sebagai panggilan untuk menyiapkan senjata melawan bisnis berbasis iklan oleh Google.

Pada bulan September 2006, MSN Search tampil dengan merek baru Windows Live Search, meskipun tidak ada hubungan dengan devisi Windows, dan sudah tentu tudak berada di dalmnya, anda tidak perlu menjadi pengguna windows untuk menggunakannya. Tidak ada orang di luar Microsoft yang memiliki gagasan tentang apa yang hendak di tujukkan oleh Windos Live, Maka inama MSN tetap dijaga. Yang Google lupakan adalah bagai mana membawa diri ke tingkat diferensi  berikutnya,. Dengan demikian, ia memaksudkan penyajian hasil pencarian dasar Ask Jeeves telah memberikan ide pratinjau kecil dari halaman yang telah kita lihat. Kemudian Google juga melakukannya. Sejauh ini Microsoft juga masih tertinggal sebenarnya pagsa pasar pencarian meraka malah jauh berkurang, dibandingkan dengan tahun 2003.

Pada bula Mei 2009, tanpa membuat kemajuan sama sekali Windows Live berubah menjadi Bing. Bing adalah singkatan dari But It’s Not Google  Tim Underdog menarik nafas lega, hasil kerja mereka telah keluar dari bayingan Windows dan terlahir kembali dengan nama dan gairah yang terfokus pada konsumen. Tanpa Integrasi Office itu jauh lebih baik.

Teman
Prioritas persaingan Google berarti bahwa, ketika tahun 2007 Facebook mulai muncul, sebagai ancaman yang serius bagi Google, Microsoft tidak segan segan untuk melancarkan bujuk rayunya. Facebook berbeda hampir setiap situs yang mendahuluinya. Pertama Facebook dijalankan oleh Mark Zuckerberg. Sebuah obsesif yang menunjukan minatnya melalui-perbaikan-perbaikan yang cerdik.
Bagi web crawler,  file bernama “robots.txt” adalah lawan  online yang sepadan. File ini yang mengatur spinder mana yang boleh di masuki dan yang tidak bisa dimasuki. Googlebot adalah tamu VIP yang terbiasa berjalan kemuka antrean kemana-mana, Facebook meletakkannya di mukanya.

Hal ini membuat Google frustasi karna ada seluruh konten yang tidak bisa di pangi iklan. Itu semacam data pribadi, yang telah mendorong kesadaran publik. Kehati-hatian Zuckerberg membuat iya menjual 1,6 persen dari kepemilikannya ke Microsoft. Ini adalah kemenangan terbatas bagi Mcrosoft, Mesin pencarian Bing tidak laris di amerika dan dunia, permasalahannya tidak ada seorangpun memiliki alasan untuk meninggalkan Google. Kondisi ini lebih baik dari kondisi Apple yang terkunci kedalam potongan kecil pasar PC karena Windows cukup baik untuk sebagian besar pengguna, namun Bing hanya memiliki potongan kecil dari pasar pencarian. Masalahnya yang mampu membuat Bing mampu bertahan hanya ukuran bisnis Microsoft itu sendiri.

Tawaran Microsoft untuk Yahoo
Pada 2008 Microsoft menawarkan 62 persen premi harga saham, untuk memperkuat pencarian, sehingga Bing mampu menghasilkan uang. Namun Yahoo menolak penawaran tersebut. Karna perhitungan internal Yahoo pada saat itu akan bertumbuh pesat bernilai jauh lebih besar dari $45 milyar, namun perhitungan tersebut salah. Disaat Carol Bartz, veteran Silico Valley memegang kendali penuh pada 2009, dia menerima tawaran sederhana dari Microsoft: untuk memperkuat pencarian Yahoo dan membantu memasang iklan. Tapi keadaan malah lebih buruk  sebab Facebook meraup pendapatan iklan besar sedangkan Bartz malah memangkas biaya. Dewan Yahoo pun memecatnya pada September 2011.

Identitas Google
Google telah bekerja keras untuk menciptakan identitas ekternalnya. Mulai dari penggunaan font, yang harus digunakan di document resmi, bagai mana mempresentasikan perusahaan kepada pengguna dan kata-kata yang sebaiknya digunakan. Hasil pengamatan jurnalis Nick Carr, Google berkembang saat internet juga berkembang.
Terlepas dari ekspansi , identitas internalnya tetap konsisten, dimana Google memberi ruang yang kepada teknik tekayasa dan empirisme juga menyatu dengan pragmatisme. Bagi Google, internet adalah ekosistem, bentuk prangkat lunak  sempurna.

Bayangan Antimonopoli
Shivaun Raff mengeluh bahwa situs meteka telah berulang kali diturunkan oleh Google, yang memberikan situs mereka sendiri Maps, Urutan pertama pada halaman pertama.
Komisi Eropa pun mulai menyelediki untuk antimonoli di awal tahun 2011.  Microsoft secara resmi ikut terlibat meskipun di internal Google ada kasak-kusuk bahwa Microsoft telah membantu Raff selama berbulan-bulan. Tujuan penyelidikan untuk memastikan apakah Google mengontrol terlalu banyak iklan dan ruang pencarian, serta apakah mereka juga menyalahgunakannya, tidak selesai pada pertengahan 2011. Google mengakui hal tersebut, harus berhenti melakukan diskriminasi terhadap situs yang dioptimalkan secara sempurna untuk muncul di halam pertama.
Keriuhan tentang penyelidikan anti monopolipun tidak mengehentika Google untuk memodrenisasikan mesin pencarinya yang akan menghasilakan daftara hasilpencarian ketika anda mengetik huruf pertama.

Pangsa gabungan dari platform  Bing dan Yahoo saat ini mendekati 30 persen dari pasar AS. Itu berarti Bing memiliki skala yang signifikan. Namun tetapsaja kondisi keuangan nya terpuruk. Pada pangsa pasar mungkin saja, namun bagai mana dengan ponsel, April 2011 Nokia sendirian menjadi  produsen ponsel terbesar di Dunia, Nokia pada saat itu sepakat untuk menggunakan Microsoft Windows Phone, system operasi untuk ponsel pintar kelas atas, terhitung tahun 2012, Bing menjadi mesin pencari defult untuk ponsel tersebut.

Music Digital Apple versus Microsoft Permulaan iTunes
Penjualan Apple menurun sepertiga dibandingkan tahun sebelumnya,. Penyebabnya mereka tidak memiliki drive pembakar CD atau CD Burning dalam sistemnya. Pada Saat itu pula Jobs mengatakan akan hadir perangkat keras baru yang akan menegaskan kepemimpinan Apple dalam kategori produk utama. Namun hasil retropeksi tersebut bukan iPod yang di maksud melainkan, Job sedang membicarakan perubahan produk lama dengan penambahan pembakar CD. Namun gagasan itu tidak berhasil, sehinnga mendorong senior Apple untuk melirik ke musik, hingga pada Januari 2001, Job menggunakan strategi di mana Mac akan menjadi Hub Digital. Yang akan digunakan sebagi pusat pengguna konten. Dimana di dalamnya  sebagai penyimpan music dan video digital. Akhirnya muncullah iTuns sebagai, Produk Soundjam dengan pengembangan yang signifikan.

Gizmo Tokyo
Pada Februari 2001 Pameran Macworld beranjak ke Tokyo. Apple menandatangani kontrak dengan Toshiba, dengan memberinya akses eksklusif ke hard drive  kecil tersebut untuk waktu yang terbatas. Klasulnya sedikit menginspirasi, bahwa iPod buka hal yang kapasitas, atau dimensi fisiknya.

Desain iPod
Proses desain iPod yang kolaboratif dilihat dari adanya croll wheel yang hanya membutuhkan memutar ibujari dalam mencari musik yang anda inginkan, kemu dian desain yang tidak bercelah sama sekali menjadikan iPod menjadi benda yang tera lembut ketika di genggam.

Memasarkan Produk Baru 
Pada 23 Oktober 2001 iPod siap diperkenalkan pada jurnalis. Stve Job menjelaskan dari target Foto, Film, DVD, dan Music, mereka memilih Music untuk produk yang doberi nama iPod, yang mana saat ini belum ada pasar music yang menjadi pemimpin, termasuk juga Sony yang belum menemukan resepnya, namu Apple telah dapat menemukannya.

Garis besar dari review buku ini cukup membuat kita yang membaca seberapa penting suatu kompetisi dan persaingan itu, apabila dilakukan dengan baik maka banyak manfaat yang akan dihasilkannya.

Posting Komentar

 
Top