Oleh Krisna Savindo

Membaca dapat menjadi alternatif pendidikan formal bagi yang memiliki kemampuan literasi yang baik, Banyak tokoh-tokoh perjuangan di Negeri ini yang sudah mencobanya bahkan, mereka yang sudah berpendidikan tinggi juga senantiasa membaca. Tokoh-tokoh perjuangan terdahulu, seperti H. Agus Salim, Cokro Aminoto, Hamka dan banyak lainnya yang mampu berkembang dan melahirkan gagasan serta pemikiran-pemikiran untuk kemajuan bangsa, bahakan pemikiran mereka juga diakui sebagai pemikiran yang melapaui zamannya.

Kesadaran pentingnya membaca dapat kita perhatikan dari seberapa banyak buku yang telah kita baca hingga saat ini. Silahkan kamu menghitungnya kembali, lalu bandingkan dengan brapa usia kamu saat ini. tentu masih banyak diantara kita yang masih tergolong sedikit membaca buku.

Namun berbeda dengan Dailiyah Marie Arana, disaat genap usianya 4 tahun Dailiyah telah menyelesaikan membaca 1000 buku. Prestasi ini pula yang membuat Daliyah diundang untuk berkunjung ke Perpustakaan Konggres di Washington, DC, pada hari itu pula dia digelari sebagai pustakawan dan mnejadi tamu kehormatan.

http://ktla.comPustakawan Kongres Carla Hayden (atas) dan Daliya Arana berpose untuk sebuah foto yang telah diposting di Twitter selama kunjungan berusia 4 tahun untuk Perpustakaan Kongres pada 11 Januari 2017.

Tampaknya Daliyah juga telah benar benar menjadikan membaca buku sebagai kegemarannya, sehingga ketika dewasa nanti dia berkeinginan memiliki kartu Pustakawan sehingga setiap harinya dapat memeriksa setiap buku yang ada, iya juga memiliki keinginan mengajar anak-anak nantinya untuk membaca di usia dini.

Sulit memang untuk dapat menjadikan membaca buku menjadi sebuah kegemaran, namun salah seorang trainer di organisasi ekstra kampus perna meminta kepada peserta training, yang pada saat itu saya sebagai salah satu peserta, trainer tersebut menyarakan dan meminta kepada peserta agar setidaknya satu jam setiap harinya dapat meluangkan waktu untuk membaca buku, karna membaca buku itu sangat penting bagi generasi muda, selain itu membaca adalah jendela Dunia, dan buku adala Jendela Ilmu.

Untuk dapat meningkatkan minat baca kita mulailah dari buku-buku yang benar kita sukai, seperti dari buku yang berhubungan dengan hobi, profesi, bakat kita sendiri. selamat mencoba.

Posting Komentar

 
Top